Sukseskan Ketahanan Pangan Nasional, Kodim 0713 Brebes Panen Raya Jagung

 Brebes - Guna mendukung dan mensukseskan program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan, mulai dari tingkat pusat hingga wilayah melaksanakan kegiatan penanaman di lahan-lahan yang tidak produktif menjadi menghasilkan. Hal ini dilaksanakan oleh Kodim 0713/Brebes, Korem 071/Wijayakusuma, Kodam IV Diponegoro dimana 6 bulan lalu telah dilakukan Penanaman Jagung Raya seluas 4 hektar di lahan Demplot Ketahanan Pangan milik Kodim di Desa Songgom, Kecamatan Songgom, Brebes, Jawa Tengah. Rabu (07/08/2024).


Komandan Kodim 0713/Brebes Letkol Inf Sapto Broto, S.E., M.Si menjelaskan, tujuan dari kegiatan penanaman jagung ini adalah untuk mendukung ketahanan pangan nasional mencapai swasembada pangan khususnya jagung, serta untuk memotivasi para petani jagung agar semakin kreatif dalam mengolah lahan pertanian. Sehingga menghasilkan hasil panen yang lebih maksimal.





"Kita  semua tahu bahwa sampai saat ini kebutuhan pangan khususnya jagung masih impor dari negara lain dengan jumlah yang khusus banyak. Padahal kita memiliki lahan yang luas, sumber daya melimpah akan tetapi belum bisa mencukupi kebutuhan sendiri. Untuk itu TNI hadir berupaya mengatasi permasalahan tersebut. Hasil dari panen masyarakat secara langsung untuk mencukupi kebutuhan mereka," ujar Dandim.


Kegiatan ketahanan pangan program TNI AD selain membantu pemerintah juga bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan lahan tidur milik TNI untuk membantu kesejahteraan petani. "Ke depan selain pemanfaatan lahan tidur dengan tanaman pangan seperti jagung, kami juga akan memanfaatkan lahan tidur milik TNI dengan tanaman padi, sayuran yang semuanya untuk kesejahteraan petani", terangnya.


Semoga kegiatan ini terus berlangsung sehingga pembinaan yang sudah baik ini akan tetap terjaga, kebutuhan khususnya jagung bisa terpenuhi, dan masyarakat sangatlah terbantu,  sebab dalam program ini hasil diserahkan kepada masyarakat. "Mudah-mudahan kegiatan ketahanan pangan Kodim 0713/Brebes bisa berlanjut. Tentunya sinergitas kita juga harus ditingkatkan agar kita bersama-sama menjaga agar ketahanan pangan di Brebes selalu clear tidak ada permasalahan apapun," tutupnya.


Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes H. M. Furqon, MP berterimakasih kepada Kodim 0713 Brebes atas inisiasi pemanfaatan lahan milik TNI AD  dalam membantu ketahanan pangan di wilayah Brebes.


Dalam acara Panen Raya Jagung di Songgom, Dandim bersama Forkompinda Brebes, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIII Dim 0713 beserta pengurus dan anggota serta petani memetik jagung sebagai tanda panen dimulai. 


Diakhir panen jagung, Forkompinda menanam pohon mangga di lahan Demplot Ketahanan Pangan Desa Songgom. (Pen0713)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TNI Membentuk Mental, Kedisiplinan dan Jiwa Nasionalisme di Era Milenial

Ajak Siswa Yang Lulus Berperan Dalam Membangun Bangsa

Jembatan Darurat Dibuat di Jalan Poros Desa Mlayang-Manggis Sirampog Brebes