KLHK Tanam Mangrove Serentak Se-Indonesia, 1.000 Bibit di Pulau Cemara Brebes Jawa Tengah

BREBES - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar penanaman mangrove serentak di 25 lokasi di seluruh Indonesia, Kamis (25/4/2024).

Penananam ini untuk mendukung upaya rehabilitasi kawasan mangrove di Tanah Air.

Khusus di Jawa Tengah, penanaman mangrove dipusatkan di Obyek Wisata Pulau Cemara Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.


Kegiatan diselenggarakan oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Pemali Jratun selaku Korwil UPT KLHK Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah.





"Penanaman mangrove ini merupakan kolaborasi dan semangat kerja sama semua pihak sebagai upaya nyata dan strategis untuk mengatasi triple planetary crisis.''


"Yaitu perubahan iklim, polusi udara, serta ancaman kehilangan keanekaragaman hayati,” ungkap Direktur Jenderal 


Penanaman mangrove bertujuan untuk mitigasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup, dan percepatan rehabilitasi hutan dan lahan.


Kegiatan penanaman mangrove serentak ini sekaligus sebagai upaya meningkatkan wawasan dan dukungan masyarakat atas pelaksanaan program pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan.


Penanaman mangrove serentak juga menjadi bagian dari komitmen Indonesia kepada dunia terkait penurunan emisi dari sektor kehutanan dan penggunaan lainnya melalui Indonesia’s FOLU Net Sink 2030.


Sementara itu, Kepala BPDAS Pemali Jratun sekaligus Korwil UPT KLHK Provinsi Jawa Tengah Rochimah Nugrahini mengungkapkan, ada 1.000 bibit mangrove yang ditanam di Pulau Cemara seluas satu hektare.

Bibit berasal dari persemaian permanen mangrove BPDAS Pemali Jratun.

Penanaman mangrove juga dilaksanakan oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Jateng Sujarwanto Dwiatmoko, Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar, Kepala Dinas LHK Provinsi Jateng Widi Hartanto.


Direktur Konservasi Tanah dan Air KLHK Dr. M. Zainal Arifin, S.Hut, Kepala Balai TN Karimunjawa Widyastuti.


Plt Kepala BTN Gunung Merbabu Nurpana Sulaksono, perwakilan Kepolisian dan TNI, Harian Rakyat Merdeka, pelajar, mahasiswa, pegiat mangrove, kelompok tani, dan Green Leadership Indonesia.


Untuk penanaman mangrove secara nasional, dipusatkan dipimpin Menteri LHK Siti Nurbaya di Ekowisata Mangrove, Kapuk Muara, Pesanggrahan, Jakarta Utara.


Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara KLHK dengan Harian Rakyat Merdeka, kelompok pemuda penggerak Society of Renewable Energy (SRE).


Pemerintah daerah, Green Leader Indonesia, serta berbagai mitra dan seluruh lapisan masyarakat . *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TNI Membentuk Mental, Kedisiplinan dan Jiwa Nasionalisme di Era Milenial

Ajak Siswa Yang Lulus Berperan Dalam Membangun Bangsa

Jembatan Darurat Dibuat di Jalan Poros Desa Mlayang-Manggis Sirampog Brebes