Kembangkan Karakter, Siswa MAN 1 Brebes Digembleng Tentara

 

Brebes - Sebanyak 449 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Brebes digembleng Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam kancah Camping Character Building (CCB) di Kompi Zipur A, Slawi, Kabupaten Tegal berlangsung seru. Mereka menikmati kehidupan diluar kelas, dengan bimbingan personil TNI sebagai upaya pembentukan karakter siswa.

“Lewat Camping Character Building ini, diharapkan dapat meningkatkan disiplin dan pengembangan karakter pribadi siswa MAN 1 Brebes yang lebih baik lagi,” tutur Kepala MAN 1 Brebes Dra Hj Nurhayati MPd saat dihubungi penulis di sela kegiatan, Kamis (27/7/23).

Atas bimbingan personil TNI, lanjut Nurhayati, diyakini materinya akan meresap apalagi dalam bentuk perkemahan yang menggambarkan kehidupan keseharian di barak-barak kehidupan yang mampu membentuk karakter siswa yang cinta tanah air dalam ketakwaan kepada Allah SWT.

CCB dibuka Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kab Brebes Dr H Imam Ghozali M Pd. Dalam sambutan, Ghozali mengaku bangga dengan siswa MAN 1 Brebes yang mau nyemplung dalam kawah candradimuka pembentukan pribadi yang tangguh, disiplin, dan berintegritas tinggi sebagai generasi penerus yang siap menghadapi masa depan dengan percaya diri.

“Negara membutuhkan generasi muda yang tangguh, mumpuni, disiplin, untuk meneruskan nilai-nilai juang dalam bingkai NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 45,” tandas Ghozali.

Wakahum MAN 1 Brebes Diana Susilowati menjelaskan, CCB yang dipandu pelatih berpengalaman dari TNI tersebut antara lain diisi dengan kegiatan tentang kehidupan di barak seperti dinamika kelompok, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK), Pengenalan Dasar Kedisiplinan dan Tanggung Jawab, PBB, etika, estetika, ceramah agama, apel, sholat berjamaah, senam pagi, olah fisik dan mental,

Dari rangkaian CCB membuktikan pentingnya nilai pendidikan karakter dalam membentuk generasi penerus yang tangguh, disiplin, dan bersemangat tinggi.

“Keberhasilan acara ini menguatkan komitmen MAN 1 Brebes untuk terus melahirkan generasi muda yang siap menghadapi masa depan dengan percaya diri dan integritas yang tinggi,” pungkas Diana.

Salah seorang siswa Daniar mengaku bangga, gembira dan menambah kepercayaan diri setelah mengikuti CCB di area TNI.

 “Saya sungguh terkesan dengan kegiatan ini. Saya merasa lebih kuat dan persaudaraan semakin dekat satu sama lain,” ujar salah satu peserta didik Daniar dengan muka berseri-seri. (diun/pen0713)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TNI Membentuk Mental, Kedisiplinan dan Jiwa Nasionalisme di Era Milenial

Ajak Siswa Yang Lulus Berperan Dalam Membangun Bangsa

Jembatan Darurat Dibuat di Jalan Poros Desa Mlayang-Manggis Sirampog Brebes