Pramuka Pangkalan SMA N 3 Brebes Dibekali Juleha

 

Brebes - 300 siswa anggota Pramuka Penegak pangkalan SMA Negeri 3 Brebes mendapatkan Edukasi Juru Sembelih Halal (Juleha) dari DPD Juleha Kabupaten Brebes di Aula SMA N 3 Brebes, Jalan MT. Haryono 78 Brebes, Jawa Tengah. Jumat (26/5/23).

Program DPD Juleha Brebes dalam Syair dan Edukasi secara Gratis berkeliling diwilayah Kabupaten Brebes dengan sasaran bagi Pengurus/Panitia Qurban baik di Masjid/Mushola, Pondok Pesantren, SMA, SMK, MA, Instansi, Organisasi dan Umum.

Termasuk dihari ini, SMA N 3 Brebes diberikan Edukasi khususnya calon Panitia Qurban yang bersumber dari siswa Pramuka.

"Mereka diberikan Edukasi Juleha dengan maksud agar siswa setelah lulus nantinya bisa mendapatkan pengetahuan tentang penyembelihan, apalagi disini banyak siswa menjadi Panitia dilingkungan Masjid dan Mushola" Tutur Amin Fauzi Pembina Pramuka Sekolah.

"Alhamdulillah Sekolah bisa mengundang DPD Juleha saat sekolah kami sedang mengadakan Persami Pangkalan, sehingga kami sisipkan Materi tentang Edukasi Juleha". Imbuhnya.

Sementara Chasan Mudhofar Ketua DPD Juleha Brebes saat memberikan materi Edukasi Juleha menerangkan bahwa pentingnya anak muda mengetahui edukasi Juleha sangatlah penting, sebab merekalah nantinya yang akan melanjutkan estafet dibidang ini" Tutur Chasan.

"Edukasi yang kami berikan adalah tentang cara penyembelihan Tekhnik dorong dan tarik, dan praktek penyembelihan unggas". Imbuhnya.

Dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes melalui drh. Wiwien Kusumawati menjelaskan tentang jenis penyakit dan kesehatan pada hewan Ruminansia, baik daging yang layak dikonsumsi maupun tidak boleh dikonsumsi manusia.

"Saya berikan Edukasi tentang kelayakan dan kesehatan hewan kepada siswa agar mereka paham tentang daging yang mereka akan dimakan dengan memperhatikan faktor keamanan terutama daging dan jeroan yang sehat". papar dokter hewan Wiwien.

Disamping edukasi Penyembelihan dan Materi Kesehatan Hewan, juga ada Asah Pisau dan Standar Ketajaman Pisau yang diberikan oleh Pelda Ujang TSM Kodim 0713 Brebes. (UTSM)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TNI Membentuk Mental, Kedisiplinan dan Jiwa Nasionalisme di Era Milenial

Ajak Siswa Yang Lulus Berperan Dalam Membangun Bangsa

Jembatan Darurat Dibuat di Jalan Poros Desa Mlayang-Manggis Sirampog Brebes