Penuhi Kebutuhan Warga Binaan, Babinsa Ciomas Buat Sumur Resapan

Brebes – Gerak cepat Bintara Pembina Desa (Babinsa) Ciomas, Koramil 12 Bantarkawung, Kodim 0713 Brebes langsung membuktikan kinerjanya dalam membantu kesulitan warga, dimana musim kemarau sangat kesulitan air bersih untuk dikonsumsi.


Kopka Hudayana, Babinsa Ciomas bergerak cepat dibantu dengan warga dalam membuat sumur resapan disungai untuk memenuhi kebutuhan di RW 02 yang memiliki 750 warga di Sungai Ciraja, Desa Ciomas, Kecamatan Bantarkawung, Brebes, Jawa Tengah. Sabtu (10/08/2024).





“Untuk bisa mendapatkan air, warga membuat semacam lubang di dasar sungai yang sudah surut. Air yang tertampung di lubang, selanjutnya diambil karena lebih jernih dan bersih, termasuk  layak untuk dikonsumsi’. Tutur Kopka Hudayana.


"Debit air sungai juga saat ini sangat kecil, sehingga warga harus menggali dasar sungai untuk mendapatkan air, semacam sumur kecil. Air di lubang lalu diambil," imbuhnya.


“Kami diperintahkan Komandan Kodim 0713 Brebes, Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si secara khusus untuk mengatasi masalah ini bersama pemerintah desa dan seluruh warga untuk mendapatkan air bersih sesuai yang mereka harapkan”. Tambah Kopka Huyana. 


Dia menambahkan, mengambil air di sungai Cirata dilakukan sejak debit air Instalasi Pamsimas mengecil sejak sebulan lalu. Air yang keluar dari sumur dalam ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan warga setiap hari. 


Sementara Sementara Kepala Urusan (Kaur) Pemerintah Desa (Pemdes) Ciomas, Kholid saat membenarkan jika warganya sudah mengalami kesulitan air bersih sejak musim kemarau berlangsung hingga saat ini.


"Air dari lubang sumur di pinggir sungai, warga Ciomas menggunakannya untuk memasak dan mandi. Sedangkan keperluan cuci, diambil langsung dari air sungai yang sampai saat ini masih mengalir," ungkap Kholid.


“Alhamdulillah, terima kasih Kodim 0713 Brebes dan Pak Dandim Brebes, kini Babinsa bersama warga bahu membahu membuat lubang sumur untuk menampung air bersih, dan saat ini sudah mencapai 80 persen”. Tutupnya. (Pen0713).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TNI Membentuk Mental, Kedisiplinan dan Jiwa Nasionalisme di Era Milenial

Ajak Siswa Yang Lulus Berperan Dalam Membangun Bangsa

Jembatan Darurat Dibuat di Jalan Poros Desa Mlayang-Manggis Sirampog Brebes