Dandim Hadiri Rakor Pilkada di Polres Brebes, Siap Amankan Pilkada Serentak Tahun 2024

Brebes – Polres Brebes Polda Jawa Tengah siap mengamankan Pilkada serentak tahun 2024. Pengamanan dilakukan sampai dengan tahap pungut pada 27 November 2024 mendatang serta pasca pelaksanaan rangkaian kegiatan tersebut selesai dilaksanakan.


Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Brebes AKBP Achmad Oka Mahendra saat memberikan sambutan dalam acara Rakor Desk Pilkada dalam rangka penyelenggaraan Pilkada tahun 2024 tingkat Kabupaten Brebes yang digelar di Aula Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Brebes, Jumat (23/8/2024).




Kapolres Brebes Achmad Oka Mahendra mengungkapkan dalam pelaksanaan Pilkada serentak untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Brebes menyebutkan  bahwa Polres Brebes sudah melaksanakan latihan sebelumnya dalam pemilihan Legislatif dan Pilpres yang berlangsung dengan aman dan kondusif.


“Namun dalam dinamika pelaksanan pemilihan umum tersebut tentunya berbeda-beda akan tetapi kami dari Polres Brebes siap untuk mengamankan pelaksanaan Plkada Tahun 2024,” ungkap Kapolres.


Kapolres juga menyebutkan sasaran pengamanan tahapan pelaksaan Pilkada tersebut, diantaranya dalah orang, barang, tempat (lokasi) maupun logistik. Pihaknya juga telah menyiapkan personil keamanan yang telah mengikuti pelatihan guna mengantisipasi terjadinya kerusuhan dalam pelaksanaan Pilkada.


“Pada pelaksnaaan Pilkada ini sasaran pengamanan yaitu orang, logistik dan tempat. Dalam pengamanan logistik sendiri mulai dari percetakan sampai dengan pergeseran ke PPS kami tetap melaksanakan pengawalan dan pengamanan sampai dengan pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan suara,” terangnya.


Dengan keterbatasan personel Polri di Kabupaten Brebes, Oka (panggilan akrab Kapolres) menyebutkan pihaknya akan berkordinasi dan berkolaborasi dengan TNI, dan Pemda serta stakeholder lainya dan penyelenggara Pemilu untuk kesuksesas Pilkada di Kabupaten Brebes.


Polres Brebes juga membagi system rayonisasi pengamanan sebagai antisipasi jika terjadi sesuaitu yang memburtuhkan pergerakan cepat dan tepat petugas dilapangan. 


“Rayonisasi tersebut meliputi Utara, Tengah dan Selatan dengan maksud mempermudah dalam jangkauan sebagai antisipasi jika terjadi sesuatu kami siap dan cepat untuk bergerak mengamankan,” lanjutnya.


Dalam kesempatan tersebut Kapolres juga memberikan himbauan kepada seluruh warga masyarakat untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan tidak bermusuhan apalagi sampai bertindak anarki.


Hal yang sama disampaikan Dandim 0713 Brebes Letkol Inf. Sapto Broto. Sapto Broto mengatakan bahwa TNI POLRI siap untuk mengamankan Pilkada 2024 di wilayah Brebes. Pihaknya juga mengungkapkan adanya peran aktif dari masyarakat untuk ikut mengamankan dan mensukseskan pelaksaan pilkada th.2024 di wilayah Kabupaten Brebes.


Sementara Pj Bupati Brebes  Iwanudin Iskandar mengatakan tujuan rapat koordinasi untuk menjalin sinergi dan kolaborasi stakeholder dengan penyelenggara untuk menjamin kelancaran pelaksanaan tahapan pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 untuk mewujudkan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat serta penegakan hukum secara tegas dan transparan termasuk menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara di Brebes.


Pihaknya juga optimis dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng serta Bupati dan Wakil Bupati Brebes akan aman dan sukses.


“Semoga dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Brebes ini Kabupaten Brebes mendapatkan pemimpin yang baik dan amanah karena Brebes itu mempunyai potensi alam dan sosial yang sangat besar,” pungkasnya. (Hms/Pen0713)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TNI Membentuk Mental, Kedisiplinan dan Jiwa Nasionalisme di Era Milenial

Ajak Siswa Yang Lulus Berperan Dalam Membangun Bangsa

Jembatan Darurat Dibuat di Jalan Poros Desa Mlayang-Manggis Sirampog Brebes