Saka Wira Kartika Koramil Songgom Upacara Hari Sumpah Pemuda

 



Brebes - Serka Sudarto Babinsa Koramil 17 Songgom, Kodim 0713 Brebes menjadi Pembina Upacara pada Hari Sumpah Pemuda di halaman Makoramil 17, Jalan Raya Songgom, Brebes, Jawa Tengah. Sabtu (28/10/2023).

Berbeda kali ini, Pramuka besutan Koramil yakni Praja Muda Karana Satuan Karya Wira Kartika menjadi petugas sekaligus peserta upacara di 95 tahun Hari Sumpah Pemuda tahun 2023.

Pada kesempatan ini, anak-anak Penegak Saka Wira Kartika yang dilatih dan dididik secara rutin di Koramil untuk belajar ketangkasan seperti tali temali, gerakan dengan bendera dan tidak lupa mereka juga di latih kedisiplinan ini mengadakan sendiri Upacara Sumpah Pemuda di Koramil.

Sementara Danramil 17 Songgom, Kapten Infanteri M. Tuteng Aryolona Perbangkara menyatakan bahwa anggota Saka Wira Kartika binaannya minta izin untuk melaksanakan upacara Hari Sumpah Pemuda dihalaman Makoramil sebagai bentuk kecintaan dan nasionalisme sebagai generasi muda yang akan melanjutkan perjuangan para pahlawan.

Bertindak sebagai Pembina Upaca Serka Sudarto selaku Pamong Saka Wira Kartika menuturkan saat memberikan sambutannya bahwa, “Tujuan utama dalam kegiatan ini adalah bagaimana meningkatkan kecintaan generasi muda akan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan, apalagi disaat sekarang, pemuda harus tampil didepan menjadi contoh dan pelopor dalam membeeikan kemajuan bangsa.

"Selain itu juga disampaikan bahwa Saka Wira Kartika Koramil Songgom yang telah diberikan materi dan praktek baik pengetahuan dan keterampilan, harapannya menjaga persatuan dan tali persaudaraan serta menumbuhkan dan menjaga semangat cinta tanah air sehingga di masa depan kita memiliki generasi penerus bangsa yang tangguh, ” ungkapnya.

Lebih lanjut, Babinsa berharap  kepada para peserta upacara “Berbaktilah kepada bangsa dan negara sesuai dengan semboyan Pramuka “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan, Ihklas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana, ” tutupnya.

Diakhir upacara, seluruh anggota Saka Wira Kartika melaksanakan doa bersama. (Pen0713)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TNI Membentuk Mental, Kedisiplinan dan Jiwa Nasionalisme di Era Milenial

Ajak Siswa Yang Lulus Berperan Dalam Membangun Bangsa

Jembatan Darurat Dibuat di Jalan Poros Desa Mlayang-Manggis Sirampog Brebes