Mahasiswa Poltek Baja Tegal Dibekali Latihan Dasar Kepemimpinan dan Kewirausahaan

 


Brebes - Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Cara alamiah mempelajari kepemimpinan adalah “Melakukannya Dalam Kerja” dengan praktik seperti pemagangan pada seorang seniman ahli, pengrajin, atau praktisi. Dalam hubungan ini sang ahli diharapkan sebagai bagian dari peranya memberikan pengajaran/instruksi.

Seperti yang dilaksanakan hari ini, Politeknik Baja Tegal mahasiswanya dibekali Dasar Kepemimpinan dan Kewirausahaan yang menghadirkan langsung Dewan Pimpinan Daerah Juru Sembelih Halal (Juleha) Brebes untuk memberikan Edukasi dan Latihan Singkat seperti apa Penyembelihan secara syariat Islam, apalagi sebentar lagi Idul Adha sudah menanti. Jum’at  (23/06/2023)

Selain Diberikan edukasi Juleha yang disampaikan langsung oleh Ketua DPD Juleha Brebes Chasan Mudhofar yang kesehariannya menjadi Juleha di Rumah Potong Hewan (RPH) Jatibarang, Bekal pengetahuan Dasar Kepemimpinan juga diberikan oleh Pelda Ujang TSM,SH dari Penerangan Koidm 0713 Brebes dimana sidapaikan bahwa  Kebanyakan orang masih cenderung mengatakan bahwa pemimpin yang efektif mempunyai sifat atau ciri-ciri tertentu yang sangat penting misalnya, kharisma, pandangan ke depan, daya persuasi, dan intensitas. 

“Dan memang, apabila kita berpikir tentang pemimpin yang heroik seperti Napoleon, Washington, Lincoln, Churcill, Sukarno, Jenderal Sudirman, dan sebagainya kita harus mengakui bahwa sifat-sifat seperti itu melekat pada diri mereka dan telah mereka manfaatkan untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan”. Paparnya.

Maka dari itu Politeknik Baja Tegal memberikan pelatihan kepada Mahasiswanya dalam hal ini di khususkan bagi para calon-calon anggota pemimpin masa depan menuju Indonesia Emas Tahun 2045 tentang dasar-dasar menjadi seorang pemimpin. Karena nantinya meraeka akan memimpin mahasiswa-mahasiswa yang lain dalam setiap kegiatan-kegiatan Politeknik maupun kegiatan-kegiatan yang lainnya.

Sementara Direktur Politeknik Baja Slamet Riyadi, MT yang didampingi Ketua Ria Chandra Dewi, M.Pd saat memberikan sambutan di ruang transit Narasumber mengatakan “Saya mewakili kampus merasa senang dengan kedatangan DPD Juleha Brebes bersama tim yang tidak disangka ada salah satu TNI AD Pelda Ujang didalamnya ikut dalam bersyiar mensukseskan program pemerintah tentang produk Halal Indonesia Tahun 2024 nanti”. Ungkap Slamet Riyadi.

Harapannya, para mahasiswa Politeknik Baja mengetahui dan mengerti tentang Juru Sembelih Halal yang merupakan suatu profesi baru yang tentunya membuka peluang usaha bagi para milenial.

Diakhir materi, harapan dari Narasumber mengungkapkan bahwa dipundak kalianlah terpampang banyak harapan pemuda-pemuda yang kreatif dan penuh tanggungjawab entah apa itu profesinya sebagai Juleha maupun yang lainnya, namun tetap menjaga keutuhan NKRI.(Utsm).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TNI Membentuk Mental, Kedisiplinan dan Jiwa Nasionalisme di Era Milenial

Ajak Siswa Yang Lulus Berperan Dalam Membangun Bangsa

Jembatan Darurat Dibuat di Jalan Poros Desa Mlayang-Manggis Sirampog Brebes