Panitia Qurban dan Jamaah Masjid Al Muhajirin Banjaratma Terima Edukasi Keswan dan Juleha

 


Brebes - Dewan Pimpinan Daerah Juru Sembelih Halal Kabupaten Brebes kembali Bersyiar tentang Edukasi Juleha Jelang Idul Adha 1444 H.

Kali ini, Masjid Al Muhajirin yang berada di Desa Banjaratma, Kecamatan Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah menjadi tempat Syiar kedua setelah dari SMA N 1 Larangan. Rabu malam (23/5/23).

Tim DPD Juleha Brebes yang diketuai Chasan Mudhofar dan DPKH diwakili drh. Muhammad Irham Bagus Santoso Keswan DPKH Brebes memberikan edukasi setelah sholat Maghrib dan Isya berjamaah dengan memberikan edukasi Penyembelihan dan standar ketajaman pisau serta kesehatan hewan.

"Beberapa Tekhnik penyembelihan dari model tarik dan dorong saya jelaskan dengan praktek diatas batang pohon pisang agar mudah dipahami, dan ketajaman pisau juga saya perlihatkan dengan membelah kertas, jika kertas bisa terpotong dengan mudah, maka pisau dinyatakan tajam dan siap untuk digunakan". Ucap Chasan.

Sementara drh. Irham lulusan IPB tahun 2020, sapaan akrabnya itu menjelaskan berbagai macam jenis penyakit dan umur hewan qurban terutama sapi sesuai syariat Islam.

"Jenis penyakit dan umur hewan qurban (sapi) saya sampaikan ke Jamaah agar mengetahui bila nanti mau membeli sapi untuk qurban*. Tutur Irham.

Disela-sela acara, Takmir Masjid Al Muhajirin H. Afif mengungkapkan bahwa kehadiran DPD Juleha dan DPKH Brebes sangat berarti bagi Jamaah yang nantinya akan menjadi Panitia Qurban nanti, sehingga mendapatkan pengetahuan baru untuk mendukung suksesnya Qurban yang rutin dilakukan oleh Jamaah Masjid.

Menurut Sekretaris DPD Juleha Brebes Pelda Ujang TSM mengatakan "Banyak sekali Jamaah yang bertanya tentang cara tekhik perobohan sapi, penyembelihan, standar ketajaman pisau lokal dan pabrik serta cara asah pisau.

Diakhir edukasi, Takmir Masjid menyiapkan 2 ekor bebek untuk dijadikan praktek penyembelihan yang sesuai Syar'i dan Jamaah diberikan Doorprize Mangkok Cantik dari Bubur Bayi Sehat Rabbani Wanasari.(Utsm)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TNI Membentuk Mental, Kedisiplinan dan Jiwa Nasionalisme di Era Milenial

Ajak Siswa Yang Lulus Berperan Dalam Membangun Bangsa

Jembatan Darurat Dibuat di Jalan Poros Desa Mlayang-Manggis Sirampog Brebes