Babinsa Bekali Belneg dan Kepemimpinan Pengurus OSIS, PMR dan Dewan Penggalang SMP N 3 Bumiayu

 

Brebes - Bintara Pembina adesa (Babinsa) Koramil 08 Bumiayu, Kodim 0713 Brebes, Serda Ariyanto Budi Harsono bekali Belneg (Bela Negara) dan Dasar Kepemimpinan kepada 72 siswa pengurus OSIS, PMR dan Dewan Penggalang SMP Negeri 3 Bumiayu, Desa Langkap, Brebes, Jawa Tengah. Sabtu (28/01/2023).

Komandan Koramil 08 Bumiayu, Kapten Infanteri Dipo Suyatno mengungkapkan bahwa Latihan Dasar Kepimpinan (LDK) yang diberikan oleh anggotanya kepada siswa adalah untuk memupuk rasa cinta tanah air dan bangsa serta menjadikan bekal nantinya menjadi seorang pemimpin.

Ditambahkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan jiwa kedisiplinan dan jiwa kepemimpinan para pengurus OSIS, PMR dan Dewan Penggalang sehingga diharapkan mampu memimpin organisasi serta bisa menjadi contoh yang baik bagi seluruh siswa-siswi SMP Negeri 3 Bumiayu.

Sementara Serda Ariyanto Budi Harsono menjelaskan "Pembekalan LDK ini adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa siswi pengurus OSIS, PMR dan Dewan Penggalang untuk membentuk karakter, disiplin, loyalitas dan jiwa kepemimpinan. Materi pelatihan ini meliputi fisik, mental dan disiplin selain pelatihan PBB dan Wawasan Kebangsaan.

Lebih lanjut, bahwa pembekalan LDK ini dilakukan atas permintaan Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Bumiayu. Bersamaan itu juga diberikan pemahaman tentang Wawasan Kebangsaan dan pembekalan tentang Bela Negara.

“Peran TNI sangat dibutuhkan dalam pelatihan ini, guna menanamkan kedisiplinan sebagai bekal para siswa sehingga diharapkan kelak akan menjadi generasi muda yang berkualitas, baik mental, spiritual, emosional dan berbudi pekerti yang luhur,” ujarnya.

Dalam kegiatan pembekalan Latihan Dasar Kepemimpinan ini diawali dengan apel pengecekan, senam pagi bersama dan pemberian materi PBB yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi Wawasan Kebangsaan.

Walaupun para peserta sebelumnya telah menerima kegiatan ini, namun hal tersebut tetap diberikan agar mereka semakin mahir dan menambah wawasan tentang kebangsaan.

“Dengan kegiatan pembekalan LDK ini diharapkan mampu meningkatkan kedisiplinan, jiwa patriotisme serta cinta tanah air siswa siswi pengurus OSIS, PMR dan Dewan Penggalang sehingga bisa menjadi contoh dan bisa memimpin rekan rekannya dalam sekolah,” imbuhnya.

Ia berharap setelah mengikuti pembekalan LDK ini para pengurus OSIS, PMR dan Dewan Penggalang memiliki fisik dan mental yang baik sehingga bisa menjadi teladan bagi siswa siswi sekolahnya.

“Menjadi contoh yang baik bagi siswa lainnya, itu yang kami harapkan,” tandasnya. (Utsm)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TNI Membentuk Mental, Kedisiplinan dan Jiwa Nasionalisme di Era Milenial

Ajak Siswa Yang Lulus Berperan Dalam Membangun Bangsa

Jembatan Darurat Dibuat di Jalan Poros Desa Mlayang-Manggis Sirampog Brebes